Para Ibu Terkaya di Dunia Tahun Ini

Forbes, merilis beberapa ibu yang memiliki kekayaan yang besar atau deretan ibu-ibu terkaya di dunia. Forbes berhasil merangkum 10 orang ibu yang telah berkiprah sebagai wanita karir ataupun hanya sebagai istri dari orang-orang terkaya di dunia. namun dari 10 orang ibu tersebut masih didominasi oleh wanita-wanita karir yang bertindak sebagai pemimpin perusahaan-perusahan besar dunia.

Bos Wal-Mart, Ibu Terkaya

Diurutan pertama sebagai ibu terkaya ditempati oleh CEO perusahaan ritel terbesar, Wal-Mart yaitu Christy Walton. wanita berusia 55 tahun ini merupakan ibu dari 1 orang anak yang tercatat memiliki kekayaan sebesar 22,5 miliar dollar. Sejak mengepalai Wal-Mart, jumlah kekayaannya semakin menunjukan peningkatan hingga akhirnya dirinya dinobatkan masuk kedalam 10 besar CEO terkaya di AS. Wal-Mart merupakan sektor bisnis turun temurun dari keluarga Walton, sebelumnya, suami dari Christy sempat menjadi CEO sebelum ia meninggal akibat kecelakaan udara.

Diposisi selanjutnya ditempati oleh Liliane Bettencourt, wanita berumur 87 tahun yang memiliki 1 orang anak ini terkenal sebagai pendiri dari salah satu pendiri dari perusahaan kosmetik tebesar di dunia yaitu L'Oreal. Berkat mendirikan perusahaan komestiknya tersebut, ia kini menjelma sebagai salah satu wanita terkaya di Eropa. Jumlah kekayaan yang ia miliki menurut Forbes tercatat mencapai 20 miliar dollar.

Satu-satunya ibu asal kawasan Asia akhirnya masuk kedalam 10 ibu terkaya versi Forbes. Ia adalah Savitri Jindal. Jindal merupakan mantan CEO dari perusahaan O.P. Jindal Group. Perusahaan yang bergerak di sektor logam dan merupakan salah satu perusahaan logam yang terbesar di India. Perusahaan yang didirikan oleh suaminya, OM Prakash Jindal di tahun 1952 ini telah memberikan dampak yang besar bagi diri Savitri Jindal. Jumlah kekayaan yang dimilikinya saat ini tercatat sebesar 12,2 miliar dollar. Setelah tidak menjadi CEO O.P Jindal Group ia kini memfokuskan dirinya untuk berkumpul dengan 9 orang anak-anaknya di suatu wilayah hunian eksklusif di Haryanan, India.

Satu lagi salah satu wanita terkaya di Eropa masuk dafta ibu terkaya versi Forbes. Ia adalah Susanne Klatten, wanita asal Jerman yang sempat menjadi Direktur BMW ini tercatat memiliki kekayaan sebesar 11,1 miliar dollar. Paska keluar dari BMW, kini ia merupakan penguasa mayoritas saham perusahaan kimia yang bernama Altana.

Berikutnya merupakan wanita tertua yang masuk kedalam 10 ibu terkaya di dunia. Ia adalah Anne Cox Chambers. Putri pendiri dari Cox Enterprises, James M. Cox. Cox eenterprises kita ketahui bersama ialah mega perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan seperti 15 stasiun TV, 17 harian surat kabar dan 86 stasiun radio. Di tahun ini ia genap berusia 90 tahun dan memiliki kekayaan sebesar 10 miliar dollar.

Di posisi terakhir ada wanita berumur 55 tahun yang bernama Charlene de Carvalho-Heineken. Ia merupakan putri dari pendiri perusahaan bir terbesar didunia, Heineken. Charlene memiliki 5 orang anak dan kini menetap di London. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai 7 miliar dollar.